Data Articles in Law Science
DOI: 10.21070/icecrs.v11i0.1541

Dataset: Unveiling the Landscape of Online Business and CSR Strategy Research: A Comprehensive Analysis


Dataset: Mengungkap Lanskap Bisnis Online dan Penelitian Strategi CSR: Analisis Komprehensif

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia Bio
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia Bio
online business CSR strategy business ethics corporate social responsibility scholarly works

Abstract

This data article investigates the prevalence of journal articles related to online business and CSR strategy. Using lens.org, a total of 4,929 documents were initially identified, which were further refined to 203 documents related to the law subject. The analysis reveals the most active institutions, authors, countries, and publishers in the field. The findings underscore the importance of business ethics and corporate social responsibility in the context of online businesses, providing valuable insights for researchers, policymakers, and educators.

Highlights:

  • The study identified 203 law-related journal articles focused on online business and CSR strategy.
  • The University of Nottingham emerged as the top institution in the field, contributing significantly to business ethics and corporate social responsibility research.
  • The analysis highlights the growing importance of business ethics and corporate social responsibility in the context of online businesses.

 

Subyek Online Business
Sub-subyek CSR Strategy
Tipe data Tabel Gambar
Bagaimana data didapatkan Data ini diperoleh melalui dengan beberapa tahap berikut: Analisis lens.org lalu pilih scholary work dengan menggunakan kata kunci digital forensic dan lalu menambahkan kata kunci fingerprints pada edit search pojok kanan atas lalu add new fields Lalu setelah itu menggunakan filter jenis tipe publikasi yang digunakan yaitu journal article dan conference proceedings Lalu setelah itu menggunakan filter dengan subject law Dan memilih analisis dipojok kanan dari data tersebut maka mengambil data analisis gambar di pojok kanan. Dari top institution name, scholarly works over time, fields of study covered by the most active institutions, top fields of study, most active authors, scholarly works scatter plot, most active countries, top publishers,top journals by publisher. Lalu tidak lupa untuk exsport dengan file format CSV dan BibTeX pada setiap tahap memasukkan kata kunci dan filter. Setelah itu maka memasukkan semua gambar, file dengan format CSV dan BibTeX pada zenodo.org Dan melengkapi data yang ada pada zenodog.id. Ketika selesai maka mengupload. seperti type dataset, judul, penulis,deskripsi,kata kunci, dan bahasa. Menyimpan DOI dari unggahan data tersebut.
Data format Data Mentah
Deskripsi proses pengambilan data Pengambilan data menggunakan website google chrome dengan cara browsing he halaman lens.org dan zenodo.org menggunakan personal komputer ber OS kan windows 10 berperangkat i5-8265U serta ram 8 GB
Sumber pengambilan data Lens.org
Data accessibility Nama repositori: ZenodoTautan langsung ke data: https://doi.org/10.5281/zenodo.7334539
Table 1.Informasi

Nilai data

Data ini berguna karena menunjukkan etika bisnis saat ini, tanggung jawab sosial perusahaan, dan tren terkait. Para peneliti, praktisi bisnis, dan pemerintah dapat menemukan celah penelitian dan peluang kolaborasi dengan memahami tren ini. Informasi ini bermanfaat bagi pihak-pihak seperti:

  1. Peneliti dan akademisi: Data ini membantu mereka mengidentifikasi tren penelitian saat ini, topik-topik yang diminati, dan kemungkinan kolaborasi dengan lembaga atau peneliti lain.
  2. Praktisi bisnis: Data ini dapat meningkatkan strategi CSR dan mempromosikan keberlanjutan bisnis.
  3. Pemerintah: Data ini menginformasikan etika perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan kebijakan terkait.
  4. Mahasiswa: Mahasiswa di bidang ini dapat memilih tema penelitian mereka.

Menggunakan kembali data ini dapat menghasilkan wawasan baru:

  1. Menganalisis tema-tema populer seperti ekonomi sirkular untuk menentukan faktor pendorong dan dampaknya terhadap bisnis dan masyarakat.
  2. Meneliti bagaimana etika perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan saling mempengaruhi satu sama lain.
  3. Meningkatkan kolaborasi dan pertukaran pengetahuan, mempelajari dukungan pemerintah, ketersediaan sumber daya, dan budaya penelitian di berbagai institusi dan negara.
  4. Menggunakan data ini untuk membuat eksperimen atau penelitian baru yang mengeksplorasi topik yang belum dijelajahi atau mencoba hipotesis berdasarkan tren.

Tujuan

Menawarkan etika bisnis, tanggung jawab sosial perusahaan, serta tren, topik, dan studi terkait. Data ini mencantumkan daftar sekolah, peneliti, negara, penerbit, dan jurnal terbaik di area tersebut. Data artikel ini menyajikan data untuk:

  1. Memahami tren dan isu-isu studi etika bisnis dan CSR yang paling penting.
  2. Membantu pembaca menemukan kolaborator dan sumber pengetahuan dengan menyoroti institusi, peneliti, dan negara yang paling sibuk di bidang ini.
  3. Memberi informasi kepada praktisi bisnis, akademisi, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya mengenai topik-topik penting yang perlu mendapat perhatian lebih.
  4. Mempromosikan etika perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, serta diskusi dan kolaborasi terkait. meningkatkan pengetahuan dan praktik di bidang ini.

Deskripsi data

University of Nottingham memiliki jumlah terbanyak nama institusi teratas. Salah satu topik yang dibahas adalah integrasi dalam ilmu bisnis [1]. Di posisi kedua, terdapat Durham University yang membahas tata kelola perusahaan dalam pengungkapan CSR pada sektor perbankan [2]. Sementara itu, London School of Economics and Political Science memiliki jumlah yang paling sedikit, salah satunya membahas tanggung jawab gatekeeper sebagai penjaga diskusi internet [3].

Evolusi karya ilmiah sepanjang waktu. Rentang waktu dengan jumlah terbanyak adalah tahun 2017, di mana terdapat 33 jurnal artikel, termasuk satu artikel tentang peran CSR dalam hubungan antara kontrol keamanan dan penyedia layanan untuk korban cyberstalking [4]. Namun, jumlah jurnal artikel menurun pada tahun 2021 dengan hanya 3 dokumen, salah satunya membahas Undang-Undang Pelayanan Publik dalam melaksanakan kewajiban nilai sosial [5].

Bidang studi terpopuler adalah etika bisnis. Sebagai contoh, salah satu artikel membahas hubungan serikat pekerja dengan memperhatikan strategi CSR di Prancis [6].

Bidang studi yang paling banyak ditemukan di institusi paling aktif. University of Nottingham memiliki 8 dokumen dalam bidang etika bisnis, salah satunya membahas bagaimana perusahaan tunduk pada hukum dalam mengatasi internalisasi biaya sosialnya [7]. Dalam bidang tanggung jawab sosial perusahaan, University of Nottingham juga memiliki 8 dokumen, salah satunya membahas analisis proses organisasi tertentu dari sebuah bank dalam mengatasi tanggung jawab perusahaan [8].

Penulis paling aktif, yaitu Adam Lindgreen, yang mengunggah 8 dokumen antara tahun 2008-2013. Dia membahas gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional teori serta praktik CSR [9].

Karya ilmiah yang paling banyak ditemukan dalam scatter plot adalah artikel tentang ekonomi sirkular, yang mencakup kebijakan, sosial, dan asal-usulnya [10]. Gambar 7 menampilkan negara-negara paling aktif, seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Prancis, serta negara-negara dengan aktivitas terendah, seperti Arab Saudi, Turki, dan Norwegia. Gambar 8 menunjukkan bahwa penerbit teratas adalah Springer Nature dengan 124 dokumen, terutama dalam bidang etika bisnis. Gambar 9 menampilkan jurnal teratas berdasarkan penerbit, yaitu Forensic Science International dengan 107 dokumen dan berjudul Journals of Business Ethics.

Kontribusi Penulis

Aulia Sarah Azizah: Pengumpulan data, dan penulisan naskah

Mochammad Tanzil Multazam: Supervisi, dan penulisan naskah

Penyandang Dana

Penelitian ini di dukung oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pernyataan Kepentingan

Para penulis menyatakan bahwa mereka tidak mengetahui adanya persaingan kepentingan keuangan atau hubungan pribadi yang tampaknya dapat mempengaruhi pekerjaan yang dilaporkan dalam makalah ini.

References

  1. R. Slager, S. Pouryousefi, J. Moon, dan E. D. Schoolman, “Sustainability Centres and Fit: How Centres Work to Integrate Sustainability Within Business Schools,” Journal of business ethics : JBE, vol. 161, no. 2, hlm. 375–391, Jan 2020, doi: 10.1007/s10551-018-3965-4.
  2. M. I. Jizi, A. Salama, R. Dixon, dan R. Stratling, “Corporate Governance and Corporate Social Responsibility Disclosure: Evidence from the US Banking Sector,” Journal of Business Ethics, vol. 125, no. 4, hlm. 601–615, Des 2014, doi: 10.1007/s10551-013-1929-2.
  3. E. Laidlaw, “A Framework for Identifying Internet Information Gatekeepers,” International Review of Law, Computers & Technology, vol. 24, no. 3, hlm. 263–276, 2010, doi: 10.1080/13600869.2010.522334.
  4. H. M. al-Khateeb, G. Epiphaniou, Z. A. Alhaboby, J. Barnes, dan E. Short, “Cyberstalking: Investigating formal intervention and the role of Corporate Social Responsibility,” Telematics and Informatics, vol. 34, no. 4, hlm. 339–349, Jul 2017, doi: 10.1016/j.tele.2016.08.016.
  5. R. Craven, “The Legal and Social Construction of Value in Government Procurement Markets,” Journal of Law and Society, vol. 47, no. 1, hlm. 29–59, Jan 2020, doi: 10.1111/jols.12211.
  6. C. Havard dan A. Sobczak, “Stakeholders? Influence on French Unions? CSR Strategies,” Journal of Business Ethics, vol. 129, no. 2, hlm. 311–324, 2015, doi: 10.1007/s10551-014-2159-y.
  7. A. Johnston, K. Amaeshi, E. Adegbite, dan O. Osuji, “Corporate social responsibility as obligated internalisation of social costs,” Journal of Business Ethics, Nov 2019, doi: 10.1007/s10551-019-04329-y.
  8. M. Humphreys dan A. D. Brown, “An analysis of corporate social responsibility at credit line: a narrative approach,” Journal of Business Ethics, vol. 80, no. 3, hlm. 403–418, 2008, doi: 10.1007/s10551-007-9426-0.
  9. S. Du, V. Swaen, A. Lindgreen, dan S. Sen, “The Roles of Leadership Styles in Corporate Social Responsibility,” Journal of Business Ethics, vol. 114, no. 1, hlm. 155–169, 2013, doi: 10.1007/s10551-012-1333-3.
  10. A. Murray, K. Skene, dan K. Haynes, “The Circular Economy: An Interdisciplinary Exploration of the Concept and Application in a Global Context,” Journal of Business Ethics, vol. 140, no. 3, hlm. 369–380, Feb 2017, doi: 10.1007/s10551-015-2693-2.