Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penggunaan buku ajar elektronik berbasis flipbook. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi: define, design, develop, dan desiminate. Penelitian ini dilakukan di SMK Antartika 1 Sidoarjo dengan subjek penelitian adalah kelas X RPL. Buku ajar elektronik berbasis flipbook yang dikembangkan dinyatakan layak 87.4% dengan kriteria sanga baik sehingga dapat digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dengan penggunaan buku ajar elektronik berbasis flipbook sebesar 66,7%.
References
- Susanto, Hary. 2012. Faktor-Faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(2): 198-199
- Sukerni, Putu. 2014. Pengembangan buku ajar pendidikan ipa kelas IV semester 1 SD No. 4 Kaliuntu dengan model dick and carey. Jurnal pendidikan indonesia. 3(1): 387-388
- Rusnilawati & Gustiana. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) berbantuan flipbook berbasis keterampilan pemecahan masalah dengan pendekatan CTL pada pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan matematika. 9(1):99-107.
- Fatimah. 2011. Faktor penentu obyektivitas dan kreativitas. Majalah Ilmiah. Edisi maret-april 2011. Sekretariat Lppm Unindra.
- Chandra, Rustika.2016. “Pengembangan media buku cerita bergambar flipbook untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV Sekolah dasar islam As-Salam Malang” Skripsi. FITK UIN Malang.
- Wijaya, May & Elsa.2017.“Pengembangan bahan ajar ski berbasis multimedia interaktif untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas VII Di mts AN-NUR Bululawang” Skripsi. FITK UIN Malang
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.