The Influence of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share Assisted by Flip Book Media on Learning Outcomes in Graphic Design Subjects for Class X RPL Students at SMK PGRI 2 SIDOARJO

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Flip Book Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Siswa Kelas X RPL di SMK PGRI 2 SIDOARJO

Authors

  • Triafatchul jannah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Cindy Cahyaning Astuti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nyoman Suwarta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/icecrs2020524

Keywords:

think pair share, flip book, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Flip Book siswa kelas X RPL di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain pre experimental Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X TKJ di SMK PGRI 2 Sidoarjo yang berjumlah 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Flip Book terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yolando steven & Nurdjito, 2017. Pengembangan modul pengecoran logam di SMK Negeri 1 Magelang. Jurnal pendidikan vokasional teknik mesin. 5’1

Sudjana, 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Mulyaningsih,N.N., & Saraswati, D.L (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvsoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32

sugiyono, metode penelitian pendidikan (pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), 25th ed. bandung: ALFABETA, 2017.

Akbar. Sa’dun. 2013. Intrument Perangkat Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya

Downloads

Published

2020-08-26

How to Cite

jannah, T. ., Astuti, C. C. ., & Suwarta, N. . (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share Assisted by Flip Book Media on Learning Outcomes in Graphic Design Subjects for Class X RPL Students at SMK PGRI 2 SIDOARJO: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Flip Book Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Siswa Kelas X RPL di SMK PGRI 2 SIDOARJO. Proceedings of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020524