The Influence of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share Assisted by Flip Book Media on Learning Outcomes in Graphic Design Subjects for Class X RPL Students at SMK PGRI 2 SIDOARJO
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Flip Book Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Siswa Kelas X RPL di SMK PGRI 2 SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Flip Book siswa kelas X RPL di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain pre experimental Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X TKJ di SMK PGRI 2 Sidoarjo yang berjumlah 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Flip Book terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Yolando steven & Nurdjito, 2017. Pengembangan modul pengecoran logam di SMK Negeri 1 Magelang. Jurnal pendidikan vokasional teknik mesin. 5’1
Sudjana, 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Mulyaningsih,N.N., & Saraswati, D.L (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvsoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32
sugiyono, metode penelitian pendidikan (pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), 25th ed. bandung: ALFABETA, 2017.
Akbar. Sa’dun. 2013. Intrument Perangkat Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya
Copyright (c) 2020 Triafatchul jannah, Cindy Cahyaning Astuti, Nyoman Suwarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.