Mathematics Anxiety in Class V SDN Kedungboto Porong


Kecemasan Matematika Pada Kelas V SDN Kedungboto Porong


  • (1) * Mega Alvin Rifdayanti            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2)  Mahardika Darmawan Kusuma Wardana            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa yang memiliki indikasi cemas, tegang, dan takut pada saat pembelajaran matematika. Supaya indikasi ini menjadi jelas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengungkapkannya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika dan faktor penyebab kecemasan matematika yang terjadi pada siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas V sebanyak 11 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi. Instrumen yang digunakan ialah kuisioner. Dari hasil uji coba 25 pernyataan dalam kuisioner diperoleh 15 pernyataan yang dinyatakan valid dan 10 pernyataan dinyatakan tidak valid. Koefesien reliabilitas adalah 0,904. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan matematika pada siswa kelas V termasuk dalam kategori kecemasan matematika pada tingkat yang sangat tinggi. Kecemasn ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti psikologis sebagai penyebabnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tobias. 1993. Proses Pembelajaran yang Membingungkan. Furner & Berman. Gresham. 2007

Anita, Ika Wahyu. 2014.“Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP”, Infinity Vol. 3 No. 1

Dzulfikar, Ahmad. 2016. Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru Matematika, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.1 No.1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta : Alfabeta.

Sudarjo, Siska. 2003. “Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa”, Jurnal Psikologi No. 2.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2020-07-16
 
How to Cite
Rifdayanti, M. A., & Wardana, M. D. K. (2020). Mathematics Anxiety in Class V SDN Kedungboto Porong. Proceedings of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020480