Vol 8 (2020): Educational and Psychological Conference in the 4.0 era
Articles

Student Learning Achievement through the Development of Flipbook-Based Electronic Textbooks
Prestasi Belajar Siswa Melalui Pengembangan Buku Ajar Elektronik Berbasis Flipbook


Dwi Ratnasari
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia
Fitria Nur Hasanah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Picture in here are illustration from public domain image or provided by the author, as part of their works
Published August 26, 2020
Keywords
  • Flipbook,
  • Based Electronic Textbooks,
  • Student achievement
How to Cite
Ratnasari, D., & Nur Hasanah, F. (2020). Student Learning Achievement through the Development of Flipbook-Based Electronic Textbooks. Proceedings of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020523

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penggunaan buku ajar elektronik berbasis flipbook. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi: define, design, develop, dan desiminate. Penelitian ini dilakukan di SMK Antartika 1 Sidoarjo dengan subjek penelitian adalah kelas X RPL. Buku ajar elektronik berbasis flipbook  yang dikembangkan dinyatakan layak 87.4% dengan kriteria sanga baik sehingga dapat digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan prestasi belajar siswa  dengan penggunaan  buku ajar elektronik berbasis flipbook sebesar 66,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

  1. Susanto, Hary. 2012. Faktor-Faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(2): 198-199
  2. Sukerni, Putu. 2014. Pengembangan buku ajar pendidikan ipa kelas IV semester 1 SD No. 4 Kaliuntu dengan model dick and carey. Jurnal pendidikan indonesia. 3(1): 387-388
  3. Rusnilawati & Gustiana. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) berbantuan flipbook berbasis keterampilan pemecahan masalah dengan pendekatan CTL pada pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan matematika. 9(1):99-107.
  4. Fatimah. 2011. Faktor penentu obyektivitas dan kreativitas. Majalah Ilmiah. Edisi maret-april 2011. Sekretariat Lppm Unindra.
  5. Chandra, Rustika.2016. “Pengembangan media buku cerita bergambar flipbook untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV Sekolah dasar islam As-Salam Malang” Skripsi. FITK UIN Malang.
  6. Wijaya, May & Elsa.2017.“Pengembangan bahan ajar ski berbasis multimedia interaktif untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas VII Di mts AN-NUR Bululawang” Skripsi. FITK UIN Malang
  7. Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.