Child Friendly Science Education


Pendidikan IPA Ramah Anak


  • (1) * Ainun Jariyah            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2)  Dewi Ayu M            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (3)  Eka Mulyati N            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (4)  Sailatul Mauliah            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (5)  Zulfa Nur Maulidah            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan IPA ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka atau library research yang bersumber pada data-data pustaka, seluruh data dianalisis dengan Teknik analisis data dan teknik deskriptif komparatif serta analisis kritis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan IPA ramah anak merupakan suatu penerapan proses pembelajaran IPA yang inovatif, kreatif dan efektif yang berpusat terhadap anak sehingga anak merasa nyaman, betah dan aspiratif dalam melakukan kegiatan pembelajaran IPA yang cenderung pada kegiatan praktikum dan perhitungan ilmiah. Dalam Pendidikan IPA ramah anak mencakup dua hal yaitu pendidik yang ramah kepada anak dan proses pembelajaran yang ramah anak. Proses Pembelajaran yang ramah anak dalam pembelajaran IPA terdapat berbagai macam proses kegiatan belajar mengajar yang memusat pada 6 standar nasional pembelajaran yaitu; 1) Tujuan belajar, 2) Motivasi, 3) Hambatan atau atau tingkat kesulitan, 4) Stimulus dari lingkungan, 5) Situasi, dan 6) Respon peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, Muhlasin, Khizanatul Hikmah. “Pendidikan Ramah Anak Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia [Child Friendly Education in Indonesia's National Education Standards]”. Jurnal pendidikan. Vol. 8(1). 2019. [online], http://doi.org//10.21070/pedagogia.v8i1.1883.pdf [diakses 3 Maret 2020].

Senowarsito dan Arisul Ulumuddin. “Implentasi Pendidikan Ramah Anak dalam Konteks Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Semarang”. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol. 6(1). 2012. [online].

Ratnasari, Yuni. “Implementasi Pendidikan IPA Ramah Anakmelalui Model Pembelajaran Snowball Drilling Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Gribig Kudus”. Seminar Nasional Pendidikan. 2014. [online].

Risminawati dan Siti Nur Rofi’ah. “Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2(1). 2015. [Online]

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2020-08-26
 
How to Cite
Jariyah, A., M, D. A., N, E. M., Mauliah, S., & Maulidah, Z. N. (2020). Child Friendly Science Education. Proceedings of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020533